Rabu, 02 April 2014

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA "TITRASI ASAM BASA"

Hai semua pembaca blog, kali ini saya ingin berbagi contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa". Selama ini memang sudah banyak sekali contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" yang dapat diambil dari internet. Dan kali ini saya juga ingin membagikan contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" :) yang mungkin bisa sama dan mungkin juga bisa berbeda dari contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" yang sering ditemukan di internet. :P Silahkan kalian baca dan download jika ingin memilikicontoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa"  ini. Jangan lupa juga untuk memberikan komentar untukcontoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" ini, karena saya tahu bahwa contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" ini jelas masih memiliki banyak kekurangan. Dan juga jangan lupa jika ingin share contoh laporan praktikum kimia "Titrasi Asam Basa" tolong cantumkan alamat blog saya ya, supaya bisa membantu. Terima kasih :)


A.        JUDUL
Titrasi Asam Lemah dengan Basa Kuat

B.        TUJUAN PERCOBAAN
Melakukan titrasi asam – basa untuk menentukan konsentrasi dan PH suatu larutan.

C.        LANDASAN TEORI
Titrasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk menentukan banyaknya suatu larutan dengan konsentrasi yang telah diketahui agar tepat habis bereaksi dengan  sejumlah larutan yang dianalisis. Titrasi dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi.
Titrasi asam basa disebut juga titrasi adisi alkalimetri. Kadar atau konsentrasi asam basa larutan dapat ditentukan dengan metode volumetri dengan teknik titrasi asam basa. Volumetri adalah teknik analisis kimia kuantitatif untuk menetapkan kadar sampel dengan pengukuran volume larutan yang terlibat reaksi berdasarkan kesetaraan kimia. Kesetaraan kimia ditetapkan melalui titik akhir titrasi yang diketahui dari perubahan warna indicator dan kadar sampel untuk ditetapkan melalui perhitungan berdasarkan persamaan reaksi.
Titrasi asam basa merupakan teknik yang digunakan untuk menentukan konsentrasi larutan asam atau basa. Reaksi yang terjadi merupakan reaksi asam basa (netralisasi). Larutan yang kosentrasinya sudah diketahui disebut larutan baku. Titik ekuivalen adalah titik ketika asam dan basa tepat habis bereaksi dengan disertai perubahan warna indikatornya. Titik akhir titrasi adalah saat terjadinya perubahan warna indicator.

D.     ALAT DAN BAHAN
Alat :
a.    Buret
b.    Statif dan klep
c.    Erlenmeyer
d.    Corong
e.    Pipet volume
f.     Pipet tetes
g.    Penghisap filter
h.    Kertas indikator universal
Bahan :
a.    Larutan HCl X M
b.    Larutan NaOH 0.1 M
c.    Indikator fenolftalein
Silahkan download melalui link berikut. klik disini. (format pdf) atau klik disini (format docx)

2 Komentar:

Unknown mengatakan...

It's great...

Unknown mengatakan...

Oh thank you...